Pendaftaran Ketua Umum PSSI Dimulai Besok

Jumat, 01 April 2011


Hai ada para pembaca nice blog berita dari olahraga nih bagi yang mendukung nurdin mundur, berikut....!!!!!

Komite Pemilihan hasil kongres PSSI versi Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) di Pekanbaru 26 Maret 2011 lalu menetapkan jadwal proses pendaftaran bakal calon Ketua, Wakil dan Anggota Eksekutif PSSI dimulai hari Sabtu, 2 April 2011.


"Masa pendaftaran mulai dibuka sejak 2 April hingga 15 April 2011," ujar Ketua Komite Pemilihan Harbiyansyah Hanafiyah dalam jumpa pers di Senayan, Jumat, 1 April 2011.

Dalam mencalonkan diri sebagai bakal calon Ketua dan Wakil Ketua Umum PSSI versi KPPN ini, Komite Pemilihan menetapkan setiap bakal calon yang mendaftar harus mendapat dukungan minimal 20 pemilik suara sah. "Sedangkan untuk anggota komite eksekutif harus memiliki dukungan paling tidak empat suara yang sah," papar Harbiyansyah.

Persyaratan dukungan 20 suara sah, menurut Harbiyansyah bukan bermaksud membatasi keinginan seseorang untuk mencalonkan diri sebagai ketua PSSI. Karena selain mencari calon pemimpin yang kredibel dan kapabel, dibutuhkan juga ketua yang mendapat dukungan signifikan dari anggota.

"Persyaratan ini untuk membuktikan bahwa bakal calon yang bersangkutan memiliki akar dukungan di lingkungan anggota dan sudah dikenal luas. Sehingga tidak sembarang orang maju menjadi bakal calon melainkan  mendapat dukungan yang signifikan dari anggota PSSI," ujar Harbiyansyah.

Dengan persyaratan dukungan 20 suara sah, diperkirakan calon yang akan maju maksimal 5 calon berdasarkan total pemilik suara sah yang hanya berjumlah 100 suara. "Itu sudah keputusan final, tidak melanggar aturan dan sesuai semangat pembaharuan," ujar Harbiyansyah.

Selain dukungan 20 suara sah, Komite juga menetapkan sejumlah persyaratan umum di antaranya seperti berkewarganegaraan Indonesia, berusia di atas 30 tahun, tidak pernah dijatuhi hukuman pengadilan karena pidana, dan pernah aktif dalam kegiatan sepakbola Indonesia.

"Tidak ada batasan waktu 5 tahun, dan tidak mesti sudah aktif dalam kegiatan sepakbola profesional. Rekomendasi dari tingkat Pengcab, Pengda maupun Pemprov sudah memenuhi persyaratan," jelas Sekretaris Komite Pemilihan Hadi Yandra

Rencananya, setelah masa pendaftaran dan verifikasi bakal calon oleh Komite Pemilihan selesai. Dilanjutkan dengan pengumuman dan penyampaian informasi mengenai calon ketua umum, wakil dan anggota eksekutif pada 16 April 2011 dan Masa sanggah bakal calon tidak lolos verifikasi pada 17-23 April 2011.

Kemudian digelar sidang komite banding pemilihan tentang sanggahan bakal calon ketua umum dan anggota eksekutif pada 24-26 April 2011 dan disusul Pengumuman Keputusan Komisi Banding pada 27 April 2011. "Sedangkan untuk penyelenggaraan Kongres PSSI 2011 akan dilangsungkan pada tanggal 29 April 2011 di Surabaya" ujar Wakil Ketua Komite Wisnu Wardana.

Setelah terpilih Ketua PSSI yang baru, Wisnu mengungkapkan Komite Pemilihan akan tetap mengawasi berjalannya program kerja organisasi PSSI yang terpilih. "Posisi Komite Pemilihan seperti KPU, jadi tidak berhenti hingga tahap pemilihan saja melainkan akan mengawasi hingga empat tahun ke depan sesuai Statuta FIFA" tutup Wisnu.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger