TKI di Libya Sudah Banyak Pulang

Sabtu, 26 Februari 2011

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah berkoordinasi dengan Kementeriaan Luar Negeri untuk pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Libya menyusul terjadinya krisis politik di negara itu.

"Kami terus menerus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar usai penandatanganan MoU program pelatihan kewirausahawan pemerintah Provinsi Gorontalo dan Yayasan Matsushita Gobel di Kompleks PT Panasonic Manufacturing Indonesia Jakarta Timur, Sabtu (26/2/2011).


Muhaimin yang juga Ketua Umum PKB ini mengungkapkan sebagian besar TKI yang berada di Libya adalah TKI profesional. "Hampir rata-rata TKI profesional di sana sehingga lebih mandiri sudah banyak yang pulang juga," jelasnya.

Sementara berdasarkan rilis yang diterima dari Satgas Evakuasi WNI dari Libya. Dari 870 WNI di Libya, 257 WNI yang dievakuasi dari Tripoli menggunakan pesawat charter Tunish Air telah tiba semalam di Tunish.

Ada dua kloter lagi sedang diupayakan untuk mengangkut WNI dari Libya ke Tunisia. Sebanyak 80 orang ditampung di rumah Dubes Tunisia, selebihnya ditampung di rumah rumah staf KBRI karena darurat. Satgas dini hari tadi telah memberangkatkan empat orang petugas Kemlu yang dibekali logistik, telepon satelit, dan rompi anti peluru untuk membantu proses evakuasi dari Tripoli.

Laporan yang masuk dr KBRI Tripoli, kesulitan evakuasi karena harus menjemput dr rumah ke rumah, air minum yang dibeli semakin dibatasi, gas dibatasi untuk memasak, juga kelangkaan bahan makanan akibat situasi politik yang tidak menentu. Untuk memperlancar evakuasi, Athan dari KBRI Mesir akan dikirim ke Tunisia pada Sabtu malam, berdasarkan pengalaman evakuasi WNI di Mesir sebelumnya.

Perkembangan terakhir dari KBRI Tunisia, WNI yang akan dievakuasi kloter pertama masih tertahan di bandara Tripoli, karena semula akan diberangkatkan pukul 04.00 dini hari waktu Tripoli (09.00 WIB), ijin terbangnya baru akan diberikan dua jam kemudian (pkl 11.00 WIB hari Sabtu ini) menuju Tunisia.(Iman Rosidi/Trijaya/hri)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger