Cara Membuat Favicon

Kamis, 31 Maret 2011

Google Hai para pembaca /pengunjung nice blog kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat/memasang favicon , bagi yang ingin memperbagus blog nya , berikut :
sebenarnya cukup mudah. Dan sudah banyak dibahas di blog-blog tutorial para blogger senior atau blogger master. Ini hanya catatan saya agar tidak lupa dan juga agar blog ini kaya akan artikel. Karena konon update artikel bisa memperkuat SEO. Itung-itung untuk belajar SEO. Selain itu biar blog ini semakin lengkap saya posting juga.

Tutorial pembuatan ini lebih spesifik untuk blog di blogspot, tapi intinya sama saja dengan cara pembuatan baik di wordpress maupun untuk website. Hanya di blogspot perlu sedikit siasat agar tidak keluar icon standar blogger.
Untuk membuat favicon siapkan gambar yang akan dipakai, bisa dalam format .jpg, usahakan ukurannya 16×16 pixel atau 32×32 pixel. Kalau sudah klik disini. Lalu buat favicon kamu dengan mengikuti petunjuknya, gampang kok interfacenya jelas. Yang jelas pilih import image untuk mengambil gambar yang kamu siapkan tadi. Kalau sudah kemudian download favicon tadi ke komputer kamu. Nama file-nya biasanya favicon.ico
Jika sudah upload kembali file favicon tadi ke server penyimpanan kamu seperti geocities, googlepage, dan lain-lain yang bisa menyimpan format .ico. Kalau kamu tidak punya silahkan cari teman yang punya blog hosting sendiri dan titipkan file favicon-mu padanya (numpang). Setelah itu masuk ke dashboard blogger dan edit template. Copy kode dibawah ini dan letakkan tepat diatas kode </head>. Sebelumnya ganti link URL file .ico (href=”") dengan alamat favicon yang kamu upload tadi.
<link href="http://duniainternet.net/wp-content/themes/DuniaInternet/favicon.ico" rel="shortcut icon" />
Simpan template, lihat blog kamu. Nah lambang/faviconnya berubah kan?
Sebenarnya kode diatas bisa diletakkan dimana saja antara kode <head> dan </head>, tapi di blogger sering trouble jika diletakkan diurutan atas, karena biasanya akan diganti dengan favicon asli blogger yang berlambang huruf B warna merah. Untuk mencegahnya maka ya itu tadi letakkan paling bawah, diatas kode </head> persis.
Sekian penjelasan tentang Favicon dari nice blog .
Mudah kan cara membuat favicon? Selamat mencoba……..
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger