Mendukung Harddisk Berkapasitas Besar

Selasa, 08 September 2009

Saat ini, jika Anda masih menemukan harddisk berkapasitas 800 MB, Anda bagaikan menemukan sebuah barang langka. Betapa tidak, harddisk yang sering digunakan saa t ini telah berkisar pada angka minimal puluhan GB. Tentu penggunaan harddisk berkapasitas besar, harus didukung oleh hardware motherboard komputer Anda. Tetapi tidak cukup itu saja, jika hardware Anda telah menunjang penggunaan harddisk berkapasitas besar, apakah sistem operasi Anda juga telah mendukungnya?


Pada instalasi Windows XP sebelum Service Pack 1 (juga Windows versi sebelumnya), secara default tidak mendukung apa yang dinamakan 48-bit Logical Block Address ing (LBA), untuk kapasitas harddisk yang lebih besar dari 137 GB, sebagaimana didefinisikan pada spesifikasi ATA/ATAPI 6.0. Untungnya, dengan memberikan nilai pad a registry, Anda dapat mengaktifkan 48-bit LBA pada Windows XP Anda.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Bukalah Notepad dengan mengklik start, all programs, accessories, notepad

2. Pada jendela Notepad, ketikkan baris perintah sebagai berikut:

Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Atapi\Parameters]
"EnableBigLBA"=dword:00000001

3. Simpan dokumen Notepad Anda, dengan memilih menu File, Save. Ketikkan nama file dengan EnableLBA.reg. Ekstensi .reg menunjukkan bahwa file tersebut merupakan file registry. Klik tombol Save, untuk melakukan penyimpanan pada folder yang Anda tentukan.

4. Tutup jendela Notepad Anda. Klik ganda pada file EnableLBA.reg pada folder tempat Anda menyimpan file tersebut, sehingga menampilkan pesan konfirmasi akan me masukkan nilai yang Anda buat ke dalam registry. Klik tombol Yes untuk melanjutkan.

5. Akan muncul keterangan bahwa informasi tersebut telah berhasil dimasukkan ke dalam registry. Klik tombol OK untuk melanjutkan.

6. Restart komputer Anda untuk melihat hasilnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger