Komputer hang bisa terbakar?

Senin, 07 September 2009

Sebenarnya sejauh apa sih bahaya software (virus, program macet, dll) pada hardware komputer? Sebenarnya, kebanyakan program cuma make API (Application Programming Interface) standar. Jadi yang bisa dilakukan hanya sebatas kemampuan API (kecuali klo program sistem/utilities yang pake API sendiri. But, ada beberapa celah untuk ngrusak komputer via software, dengan mudah.


Prosesor
Mbakar prosesor? Klo BIOS mendukung overclocking via software, secara teori bisa aja prosesor disetel terlalu tinggi. Tapi, di BIOS&prosesor ada perlindungan yang menurunkan kecepatan/mematikan prosesor klo terlalu panas
Memori
Hampir sama dengan prosesor. Secara teori bisa aja modifikasi BIOS supaya kecepatan memori terlalu tinggi, tapi lagi-lagi, klo kepanasan komputer mati duluan. Paling resikonya data yang dihitung nggak valid/gambar dilayar agak aneh
BIOS/periferal lain
BIOS, DVD drive, kamera dll, klo punya firmware, dan firmware ini bisa diupgrade, bisa aja dihapus firmwarenya sehingga lumpuh.
Grafik
Karena GPU seperti sebuah komputer kecil, resikonya sama seperti ketiga hal diatas

Kenapa nggak terdengar banyak kasus komputer terbakar? Well, untuk bikin kerusakan spt itu harus tahu persis jenis hardware target. Masalahnya, jenis hardware di pasaran sangat banyak, paling yang agak sama grafik, itupun sedikit yang sama persis. Yang mungkin dieksploitasi klo nyerang sekolah/kampus/kantor yang komputernya identik, lalu bikin program khusus. Tapi susah banget bikinnya (klo gampang, Linux nggak mungkin punya masalah driver)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger