Flashdisk Multi Partisi

Selasa, 08 September 2009

Multi partisi, coz dasarnya semua media yang bisa dibaca udah ada at least 1 partisi. Di lingkungan Windows (XP dan Vista, entah yg lain), flash drive sekelas dengan memory card dan berbagai perangkat portabel lain. Secara default tidak bisa dipartisi banyak. Kebanyakan program partisi juga ngikut, jadi flash drive nggak tampil sama sekali. Dulu, waktu utak-atik flash drive d linux, ternyata partition manager d linux fine-fine aja disuruh martisi, dan oleh linuxnya sendiri (mint), langsung dimount dengan baik dan benar.

Cuman, d Windows cuma muncul 1 partisi (partisi pertama). So, gimana caranya nampilin multi partisi d Windows? Or better, langsung memampukan partisi dari windows? Kebetulan ketemu dari sini dan udah dicoba. Download dulu dari sini . Klo koneksi cepat, download sekalian yang Flash Disk Multi Partisi.zip (1.4 MB), ada panduan sederhana. Sebenarnya yang dibutuhkan cuma fmp.zip (8KB), tapi ikuti panduan berikut :
Buka regedit, masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Enum\USBSTOR. Di dalamnya ada beberapa nama drive, copy nama drive yang sesuai dengan merk dan tipe flashdrive (misal : Disk&Ven_&Prod_USB_DISK_2.0&Rev_PMAP atau Disk&Ven_SAMSUNG&Prod_SV0432A&Rev_JV10, dll) dengan klik kanan rename, copy, lalu Esc. Anyway, setelah extract file zip yang tadi, buka cfadisk.inf, lalu replace semua *** dengan teks yang tadi dicopy. Udah? Save, lalu masuk Device Management (klik kanan Computer, Manage, cari Device Manager) dan pilih flashdisk dari bagian disk drive. Klik kanan lalu update driver. Pilih Advanced, Don't Search, lalu Have Disk, arahkan ke file cfadisk.inf yang baru diedit. Setelah instalasi driver baru selesai (klik install anyway pada peringatan digital signature. Digital signature udah ilang karena udah diedit), flashdrive udah mutasi ke bagian harddisk, dan baik disk management maupun program partisi lain bisa martisi dengan bebas. Unfortunately, partisi lain hanya terbaca di Linux/Windows yang udah dilakukan langkah update driver. Dan hanya berlaku untuk flashdisk serupa. artinya, klo dibawa jalan2 k warnet, kudu update dulu untuk liat partisi lain.

Gunanya? Entahlah, sebenarnya sampai sekarang aq jg belum liat gunanya martisi ruang mungil 1 G, mungkin klo ukuran 4 G baru kerasa...
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger