Bagaimana Melarang Akses sebuah Drive?

Selasa, 08 September 2009

"Saya memiliki data-data penting yang saya simpan di sebuah partisi, lebih tepatnya partisi E:, nah, saya tidak mau kalau data-data saya diakses orang lain, karena data-data saya ini sensitif sekali, adakah suatu cara agar drive saya tersebut terproteksi? Setidaknya drive tersebut tidak dapat diakses oleh orang lain..." (Gunawan-Via e-mail)

Jawab: Mas Gun, sebenarnya ada sebuah cara untuk memproteksi drive kita yang sensitif seperti mas Gun tadi. Sebenarnya caranya sih mudah saja. Modal apa yang kita butuhkan? Seperti biasa, tak lain dan tak bukan adalah Registry editor.

Oke, langsung saja kita masuk ke registry editor, dengan cara mengetikkan Regedit di kotak Run, setelah itu kita masuk ke subkey berikut HKEY_CURRENT_USER Software Microsoft Windows CurrentVersion Policies Explorer.

Selanjutnya mudah saja, kita tinggal membuat sebuah DWORD Value pada jendela sebelah kanan, dengan cara mengklik kanan jendela sebelah kanan, kemudian pilih New > DWORD Value. Berilah nama untuk DWORD Value tersebut dengan NoViewOnDrive, kemudian isikan nilainya dengan nilai di bawah ini, sesuai dengan drive yang ingin disembunyikan:

A:1, B:2, C:4, D:8, E:16, F:32, Semua Drive:67108863

Rumusnya adalah dikalikan 2 dengan drive sebelumnya. Lantas bagaimana bila kita ingin memproteksi 2 drive? Misalnya A: dan C:? Anda harus memasukkan nilai 1 + 4 = 5, jadi yang harus dimasukkan adalah 5, hasil dari penjumlahan antara drive A: dengan C:. Setelah itu, tutup registry editor dan logout atau restart PC, dan lihatlah hasilnya...

Share this article :

2 komentar:

  1. bagaimana membuka drive yang disembunyikan?

    BalasHapus
  2. @8550799804807790784.0
    kalo membuka nya gw blum tau sob,.,.
    tapi ntar lah gw cariin caranya !!!

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger