Memperbesar kapasitas flashdisk?

Senin, 24 Agustus 2009

Nggak ada yang namanya gratisan. G ada trik yang bisa masukin data 4 giga yang udah dikompresi habis-habisan ke flashdisk 256 mega. Tapi, NTFS bisa dipake utk kompresi langsung.
Pertama-tama perintah standar di command prompt "convert d: /fs:ntfs" dimana d: huruf flashdisk, terus klik kanan icon flashdisk di my computer, pilih compress drive to save diskspace.
Di jaman docx,mpg,divx,mp3 dan jpg gini nggak ada gunanya. Cuma buat file2 rtf, doc,xls, dan html (htmlnya doang, gambar2 di _files g dikompresi lagi)
Laptop2 kategori ULCPC (kata Microsoft) alias Netbook (kata Intel) macam EEE dan Aspire O
ne udah diwanti2 ama Microsoft untuk make fitur ini klo ukuran drive yang disertakan cuma 2 giga. White paper UCLPCMicrosoft meringatin bahwa ini nambah operasi penulisan, alias umur drive lebih pendek (25% menurut white paper UCLPC). Katakanlah flashdisknya tahan 2 tahun, gua sih udah milih flashdisk lebih baru (dalam setahun mungkin 16 giga/32 giga jadi standar. 4 giga udah jadi ketawaan).
Sebenarnya trik ini lebih bermanfaat untuk harddisk. Umur harddisk biasanya keterlaluan lamanya, jadi g terlalu terasa pemendekan umurnya, trus, karena harddisk bottlenecknya komputer, mbaca dari harddisk terkompresi lebih cepat (yang dibaca lebih dikit, kompresi/dekompresi menggunakan prosesor yang lebih sering nganggur, itupun cuma 1%). Tapi defrag komputer habis kompresi.
Misal kompresi drive C:, yang diketik di command prompt :"c:", enter "cd\"enter , "compact c:\*.* /C /S /I /Q" enter
Defrag setelahnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NICE BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger